Translate

Sunday, March 2, 2014

Budidaya Udang Vannamei

Untuk membudidayakan udang Vannamei dapat dilakukan dengan empat cara yaitu:
1. Sistem tradisional/ekstensif.

2. Sistem Semi Intensif

3. Sistem Intensif


4. Sistem Supra-Intensif



Gambar 2.4 Kolam Supra-Intensif

Semakin intensif sistem yang digunakan maka semakin besar juga investasi yang dibutuhkan, tetapi lahan yang dipergunakan akan semakin kecil.

Contoh untuk tambak tradisional tidak membutuhkan aerator (mesin penghasil gelembung udara) tetapi mereka membutuhkan lahan yang besar sehingga tingkat populasi didalam tambak tidak terlalu padat hanya 2-3 ekor per meter persegi, sedangkan supra intensif dapat mencapai tingkat kepadatan sampai 600 ekor per meter persegi. Jadi untuk memelihara 600 ekor dengan sistem tradisional dibutuhkan tambak seluas 200 meter persegi, yang mana jika lahan seluas 200 meter persegi tadi mengunakan sistem supra Intensif maka benih yang dapat ditebar mencapai 120.000 ekor.

Secara investasi awal sistem yang lebih intensif akan lebih besar, karena dinding dan kedalaman tambak harus kedap air serta tidak rembes, dan tanggul harus kuat sehingga pilihan terbaik adalah dicor, karena pada sistem intensif dibutuhkan biofilter dan bioscreen, tetapi secara hasil yang didapat pada saat panen pun akan berbeda jauh.

Budidaya udang Vannamei dengan sistem yang berbeda-beda akan di posting dengan judul sendiri agar tidak membingungkan para audience di blog ini.

Daftar Pustaka

Tnunay R. (2013), "Budidaya Udang – Bagian 2", http://rinatnunay.wordpress.com/tag/tambak-intensif/

Arbeta A. (2013), "cara benar budidaya udang vanami", http://andiarbeta.blogspot.com/2012/09/cara-benar-budidaya-udang-vaname.html

7 comments:

  1. Replies
    1. baca juga artikel yg lain nya gan.... follow by email... supaya dapat update nya... karena masih akan ada artikel lain mengenai udang vannamei yang akan di post.....

      Delete
  2. GUNAKAN PAKET PEIKANAN NASA HUB 083862351100

    ReplyDelete
  3. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,

    (Tommy.k)

    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com

    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri

    ReplyDelete